17 Maret 2013

Yamaha Xeon RC, Benar-benar Memenuhi Harapan

Ditulis oleh pada 17.3.13
Saat berkendara dengan roda dua, sering terlintas di benak saya; bagaimana cara menjadikan perjalanan ini aman, nyaman. dan juga cepat? Lebih lanjut, perihal keamanan berkendara itu sangat tergantung dari sikap pengendara itu sendiri, termasuk bagaimana perhatian pengendara tersebut terhadap aturan lalu lintas (ketaatan pada rambu-rambu misalnya) dan juga kelengkapan berkendara (helm, pelindung mata, surat-surat kendaraan, dsb). Lalu bagaimana cara menghadirkan kenyamanan berkendara motor tanpa mengesampingkan saat-saat di mana pengendara membutuhkan performa prima dari motornya untuk dipacu pada kecepatan tinggi?

All New Xeon RC Yamaha

Belum lama ini, ketika sedang fokus di depan layar televisi, saya disuguhi sebuah iklan yang menampilkan seorang pengendara motor skutik (skuter matik) berwarna merah putih. Keren, itu kesan pertamanya, selanjutnya, saya merasa ada sesuatu dalam iklan motor ini, iya, ternyata konsep yang dihadirkan dalam iklan tersebut sesuai dengan apa yang sering terlintas di benak saya. Silakan simak video iklan motor skutik Yamaha yang dibintangi oleh Jorge Lorenzo berikut ini.

youtube image


Bagaimana? Setujukah Anda bahwa pengendara motor membutuhkan saat santai nan nyaman dalam berkendara, namun di saat tertentu, tidak dapat dipungkiri bahwa pengendara motor juga butuh kecepatan tinggi untuk berpacu dengan waktu? Konsep seperti itulah yang dihadirkan oleh motor skutik terbaru dari Yamaha, yaitu Xeon RC, yang jujur benar-benar memenuhi harapan saya.

Sesuai nama yang disandangnya, Xeon generasi terbaru yang berlabel Racing Champion (RC) ini kental dengan aura balap. Bukannya ini skutik? iya, Xeon RC bukanlah skutik biasa, mulai dari tampilan sampai performa mesinnya, Xeon RC mampu memuaskan selera dan kebutuhan pengendara motor yang berjiwa sporty, termasuk saya sendiri.

Berawal dari ketertarikan pada motor Yamaha Xeon RC, saya pun mulai mencari-cari informasi yang relevan seputar motor yang keren, cepat, dan canggih ini. Anda juga tertarik? Silakan simak ulasan tentang Yamaha Xeon RC yang saya kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

Tampilan yang Keren
  • Xeon RC F117 Nighthawk
  • Xeon RC Keren
  • Xeon RC Skutik Keren
  • Xeon RC desain keren

Dari segi tampilan, cover depan Xeon RC terkesan tegas dan aerodinamis dengan adanya lekukan-lekukan tajam yang terinspirasi desain pesawat tempur siluman F117 Nighthawk, kesan sama juga dapat ditemui pada desain baru kaca spionnya. Lampu depan beserta lampu beloknya didesain menyerupai mata elang dengan kaca lampu yang memanjang dari bawah sampai bagian atas cover depan, sehingga menimbulkan kesan agresif.

Position Lamp (atau yang lebih dikenal dengan lampu senja) Xeon RC mengadopsi desain dari TMAX, skutik eksklusif dari Yamaha. Berbicara mengenai lampu, Xeon RC telah dilengkapi dengan fitur AHO (Auto Headlight On), yang secara otomatis menyalakan lampu utama saat mesin dihidupkan. Fitur ini sejalan dengan aturan menyalakan lampu utama baik di siang maupun malam hari yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas.



Tidak jauh dari roda belakang, nampak knalpot bernuansa powerfull yang diadaptasi dari knalpot Yamaha TMAX. Kombinasi warna titanium, silver,  dan hitam, disertai desain yang futuristik pada knalpot tersebut, semakin mempertegas aura balap Xeon RC. Tidak lupa penempatan cover pada area knalpot yang tepat, sehingga melindungi pengendara dari kemungkinan tersengat panas.

Masih di sektor roda, Yamaha rupanya memahami selera konsumennya dengan menambahkan pin stripe (garis) elegan yang melingkari sisi kiri dan kanan velg Xeon RC. Warna dari velgnya sendiri kontras dengan pin stripe atau lis-nya, sehingga menambah kesan tegas nan sporty. Untuk menunjang keamanan, roda depan Xeon RC dilengkapi dengan rem cakram yang dikenal pakem untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan, baik dalam kecepatan rendah maupun tinggi.



Di bagian buritan, lampu belakang Xeon RC mengusung desain After Burner Jet, yang menggambarkan semburan api dari knalpot pesawat jet, dipadu dengan handle bar yang lebar dan kokoh. Nuansa futuristik juga jelas terasa di buritan berkat desainnya yang meruncing dan memberikan aksen aerodinamika yang tinggi. Fungsinya pun juga juga tidak terlupakan dengan dukungan lampu yang lebih terang.

Secara keseluruhan, Yamaha menyajikan Xeon RC dalam 5 varian striping dengan kombinasi warna yang keren, yaitu Victorious Red (kombinasi warna dominan merah dan putih), Regal Purple (kombinasi warna dominan ungu dan putih), Cosmic White (kombinasi warna dominan putih dan oranye), Thunder Bolt Blue (kombinasi warna dominan biru dan putih), dan Dazzling Black (kombinasi warna dominan hitam dan kuning). Penasaran? simak slide di bawah ini.

  • Victorious Red
    Victorious Red
  • Regal Purple
    Regal Purple
  • Cosmic White
    Cosmic White
  • Thunder Bolt Blue
    Thunder Bolt Blue
  • Dazzling Black
    Dazzling Black

Secara tampilan dan desain, Yamaha memang tidak main-main dalam membesut Xeon RC dan mempersembahkannya untuk masyarakat Indonesia yang mendambakan skutik yang benar-benar keren. Melalui ulasan mengenai tampilan Xeon Rc ini saja, kita dapat menilai bahwa Yamaha benar-benar mempersiapkan Xeon RC dengan matang hingga ke detil-detilnya. Terlebih lagi, Yamaha memiliki fokus perhatian yang menyeluruh terhadap produknya, termasuk proses finishing yang apik, sehingga Yamaha Xeon RC menjadi motor injeksi yang begitu berkelas, berkualitas, keren, dan semakin tak tertandingi.


Performa yang Cepat
  • Xeon RC Cepat
  • Xeon RC Skutik cepat diasil forged piston

Tampilan dan desain keren Xeon RC tentunya diikuti dengan performa yang mumpuni dan cepat. Mesin berkapasitas 125cc dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston yang kuat, awet, ringan, dan tahan panas, serta dukungan teknologi YMJET-FI, mampu meningkatkan tenaga dan torsi Xeon RC menjadi 11,4 PS dan 10,4 Nm. Peningkatan tenaga dan torsi tersebut menghasilkan akselerasi yang lebih spontan namun lebih irit bahan bakar sekitar 20 persen dari Xeon versi lama.

Xeon RC lebih ringan

Selain itu, bobot Xeon RC lebih ringan 3 kg dari Xeon generasi sebelumnya karena menggunakan kerangka (chassis) baru dan juga lengan ayun (suspensi) belakang model tunggal, tidak heran bila Xeon RC semakin cepat. Berbicara mengenai chassis, jarak roda (wheel base) Xeon RC mengalami penambahan 5mm yang berguna untuk meningkatkan kestabilan dalam kecepatan tinggi. Jarak dengan tanah (ground clearance) juga ditinggikan sekitar 10mm agar tetap aman saat bermanuver melintasi polisis tidur atau permukaan jalan yang tidak rata.

Kebutuhan akan kecepatan memang relatif pada tiap-tiap pengendara, namun performa kendaraan adalah mutlak. Seperti yang diketahui, kondisi jalan di wilayah Indonesia sangat bervariasi, mulai dari jalan-jalan sepi di pegunungan, sampai jalanan kota-kota besar yang ramai dan padat. Untuk itulah Xeon RC hadir dengan performa prima, yang selalu siap dalam memenuhi kebutuhan pengendara di segala medan dan keadaan.

Saat dipacu dalam kecepatan rendah, Xeon RC mampu memberikan sensasi stabil dan tenang yang membuat nyaman siapa saja yang mengendarainya. Ketika butuh kecepatan lebih, teknologi injeksinya bisa memacu akselerasi dengan cepat, namun tetap stabil dan gesit untuk menaklukkan jarak dan waktu.


Berteknologi Canggih
  • Xeon RC YMJET-FI
  • Xeon RC stand

Penerapan teknologi canggih merupakan suatu keharusan pada motor skutik modern, tidak terkecuali Yamaha Xeon RC. Teknologi pintar mesin injeksi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection), mampu meningkatkan tenaga dan torsi Xeon RC menjadi 11,4 PS dan 10,4 Nm. Seperti yang telah disebutkan di atas, peningkatan tenaga dan torsi tersebut jelas menghasilkan akselerasi yang lebih cepat.

youtube image


Tidak hanya itu, teknologi fuel injection Yamaha terbukti lebih modular, lebih canggih, orderdilnya lebih murah serta gampang dalam perawatannya, sehingga menjadikan motor injeksi Yamaha semakin cepat sekaligus semakin irit (baik bahan bakar maupun biaya perawatan), seperti yang diungkapkan oleh Valentino Rossi, Komeng, dan Trio Bajaj pada video di atas.

Xeon RC low friction

Lebih lanjut mengenai mesin injeksi, Xeon RC telah menerapkan teknologi YMJET-FI yang lebih disempurnakan dengan komponen baru. Seperti penggunaan Brushless Fuel Pump dengan ukuran yang lebih kecil, lebih hemat listrik, dan berperforma prima.

Selanjutnya, komponen-komponen mesin Xeon RC telah didesain sedemikian rupa sehingga memiliki gaya gesek yang rendah (low friction). Salah satu contohnya adalah adanya Roller Rocker Arm yang mampu mengurangi gesekan. Rendahnya gaya gesekan secara otomatis mampu meminimalkan hambatan gerak antar komponen yang berdampak pada peningkatan efisiensi mesin secara keseluruhan.

Pengisian arus pada aki Xeon RC juga telah menerapkan kecanggihan teknologi AC/DC Open Circuit, yang otomatis memutus aliran listrik bila aki telah penuh, yang tentu saja membuat aki menjadi lebih awet.

Xeon RC sensor

Untuk menjaga kelestarian alam, Yamaha mengaplikasikan Oxigen Sensor pada saluran buang Xeon RC. Sensor tersebut mampu mendeteksi dan mengoreksi emisi gas hasil pembakaran, sehingga kadar emisi dari gas buang Xeon RC lebih bersih dan memenuhi standar Euro3.

Selain Oxigen Sensor, Xeon RC juga dibekali dengan 5 sensor canggih lainnya yang terdiri dari Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), dan Coolant Temperature Sensor (CTP). Sensor-sensor tersebut bekerja makin sempurna dengan kehadiran ECU (Electronic Control Unit) 33 pin, sama dengan ECU yang dipakai Yamaha New V-Ixion.

Untuk mengatur putaran idle atau langsam mesin, Xeon RC dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) yang dapat bekerja secara otomatis sehingga mesin tidak mati saat berhenti di lampu merah.

Di samping kecanggihan mesin, Yamaha juga memperhatikan kecanggihan fitur-fitur yang berhubungan dengan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengendara, yaitu Smart lever Lock, Smart Side Stand Swicth, dan Integrated Key Shutter. Smart lever lock merupakan sistem pengunci rem praktis yang berguna sebagai pengaman saat pengendara berhenti di jalan yang menanjak atau menurun, cocok untuk pengendara yang sering melewati daerah pegunungan.

Berikutnya, terdapat fitur Smart Side Stand Swicth yang mampu mencegah pengendara untuk menyalakan mesin Xeon RC saat standar samping masih terbuka. Berbeda dengan fitur sejenis yang ada pada skutik lain, di samping mesin yang tidak menyala, fitur Smart Side Stand Swicth pada Xeon RC memiliki pengingat berupa lampu indikator pada speedometer (ketika standar samping belum dinaikkan, lampu indikator tersebut akan berkedip-kedip bila pengendara memutar kunci kontak ke arah on).

Agar pengendara merasa lebih aman saat meninggalkan Xeon RC nya di tempat parkir, tersematlah Integrated Key Shutter yang memiliki lubang kunci yang dapat ditutup dengan sekali tekan. Tutup lubang kunci tersebut didesain sedemikian rupa agar sulit dibuka selain menggunakan kunci asli Xeon RC. Di samping fungsi utamanya untuk menyalakan mesin, Integrated Key Shutter juga berfungsi untuk membuka bagasi, sehingga pengendara tidak perlu repot melepas kunci untuk sekedar membuka bagasi.

Sebagai penunjang mobilitas pengendara, Xeon RC memiliki bagasi yang luas, cukup untuk memuat sebuah helm half face beserta beberapa kelengkapan berkedara lainnya. Menariknya, Yamaha telah memperhitungkan ukuran bagasi tersebut dengan cermat agar body Xeon RC tetap ramping sehingga mampu melibas jalanan dengan lincah. Tentu Anda tidak mau mengorbankan kegesitan motor Anda hanya untuk memiliki bagasi yang terlalu luas.

Seiring kemajuan zaman, teknologi otomotif juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Yamaha memahami benar mengenai pentingnya penerapan teknologi terkini pada produk-produknya, tak terkecuali Xeon RC. Mulai dari pengaplikasian teknologi injeksi yang menjamin performa dan efisiensi, sampai fitur-fitur canggih yang menunjang keamanan dan kenyamanan pengendara.

Semua kecanggihan Xeon RC tersebut benar-benar mampu memenuhi harapan kita semua, sebagai pengendara kendaraan motor roda dua yang mendambakan motor injeksi yang tidak hanya keren dan cepat, tetapi juga canggih.

Mungkin Anda bertanya-tanya; "Di mana saya bisa mendapatkan Xeon RC?" Tentunya di dealer Yamaha terdekat di kota Anda. Mengenai harga, Yamaha memasarkan Xeon RC dengan harga yang kompetitif, yaitu  Rp. 15.100.000,- (On The Road) untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Masih penasaran dengan Xeon RC? Berikut saya sajikan spesifikasi teknis dari Yamaha Xeon RC.

Spesifikasi Yamaha Xeon RC
DIMENSIP X L X T1.855 x 700 x 1.070 mm
Jarak sumbu roda1.265 mm
Jarak terendah ke tanah135 mm
Tinggi tempat duduk760 mm
Berat isi101 kg
Kapasitas tangki bensin3,8 Liter
MESINTipe Mesin4 langkah, 2 valve SOHC,
berpendingin cairan
Jumlah/Posisi SilinderSilinder tunggal/mendatar
Volume Silinder124,86 cc
Diameter x Langkah52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi10.94 : 1
Daya maksimum8,4 kW (11,4 PS) / 9000 rpm
Torsi maksimum10,4 Nm (1,06 kgfm) / 6000 rpm
Sistem starterElectric starter dan Kick starter
Sistem pelumasanBasah
Kapasitas oli mesinTotal 0,9 Liter
Perawatan berkala 0,8 Liter
Sistem bahan bakarFuel Injection System
YMJET-FI
Tipe koplingKering, Kopling Sentrifugal
Tipe transmisiV-belt Otomatis
Pola Pengoperasian TransmisiOtomatis
RANGKATipe RangkaUnderbone
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan Ayun,
Suspensi Tunggal
Ban depan70/90-14M/C 34P
Ban belakang90/80-14M/C 49P
Rem depanCakram
Rem belakangTromol
KELISTRIKANSistem pengapianTCI (Transistor Control Ignition)
BatteryYTZ5S (MF Battery)
BusiCR7E (NGK)

Setelah mengetahui berbagai fitur dan keunggulan Yamaha Xeon RC yang telah terangkum di atas, dapat dipastikan ketertarikan Anda akan Xeon RC semakin kuat, begitu pun saya. Tidak bisa dipungkiri memang, Xeon RC mampu memukau siapa saja yang melihatnya, apalagi saat mengendarainya. Siapa yang tidak tertarik dengan tampilan Xeon RC yang keren? Performanya yang cepat? Serta teknologinya yang canggih? Yamaha Xeon RC memang semakin tak tertandingi!

Referensi Artikel, Foto, dan Video

Artikel dan Foto Xeon RC:

Foto F117 Nighthawk, TMAX, dan Afterburner Jet:

Video Xeon RC dan Yamaha FI:

Membebaskan

Suka dengan artikel Membebaskan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×