15 April 2013

17 Fakta Tentang Neil Amstrong yang Layak Anda Ketahui

Ditulis oleh pada 15.4.13
Sebagai manusia pertama yang diklaim pernah menginjakkan kakinya di bulan, Neil Amstorng bukanlah nama yang asing lagi bagi kita semua. Saat di permukaan bulan, Neil Amstrong pernah berkata; "That’s one small step for man, one giant leap for mankind", yang kurang lebih artinya; "Satu langkah kecil bagi seorang manusia, satu lompatan besar bagi seluruh umat manusia". Perkataan tersebut menjadi sangat populer di seantero dunia saat itu, bahkan sampai saat ini.

Neil Amstrong

Di samping hal-hal di atas, mungkin Anda belum mengetahui fakta-fakta menarik lain tentang astronot kenamaan Amerika Serikat ini. Oleh karena itu, berikut kami sajikan 17 fakta tentang Neil Amstrong yang layak Anda ketahui.
  1. Nama lengkap Neil Amstrong adalah Neil Alden Amstrong
  2. Dia dilahirkan dan meninggal di Ohio, Amerika Serikat.
  3. Neil Amstrong telah memiliki ketertarikan yang sangat besar terhadap dunia penerbangan sejak kecil dan mendapatkan izin terbang sebagai pilot pada usia 16 tahun.
  4. Selain sebagai seorang astronot, Neil Amstrong adalah pilot uji coba, penerbang angkatan laut, insinyur luar angkasa, dan seorang profesor dari sebuah universitas.
  5. Saat masih di Angkatan Laut AS, dia pernah bertugas di perang Korea pada tahun 1949.
  6. Dia ikut serta pada sekitar 80 misi tempur selama Perang Korea.
  7. Setelah perang Korea, Neil Amstrong menjadi pilot uji coba dan bergabung dengan program astronot NASA pada tahun 1962.
  8. Ketika di NASA, ia menguji banyak pesawat terbang berkecepatan tinggi, termasuk pesawat X-15 dengan kecepatan maksimal 4.000 mil per jam.
  9. Pada tahun 1966, Neil Amstrong menjabat sebagai pilot komando untuk misi pertamanya, Gemini VIII.
  10. Apollo 11 mendarat di bulan pada tahun 1969. Saat itu, ia menjabat sebagai komandan misi penerbangan ke bulan.
  11. Neil Amstrong menghabiskan sekitar dua setengah jam di bulan, mengumpulkan sampel, melakukan eksperimen dan mengambil foto.
  12. Saat kembali ke bumi, Neil Amstrong dan dua rekannya dikarantina selama 3 minggu.
  13. Neil Amstrong bertugas di NASA sampai tahun 1971.
  14. Setelah meninggalkan NASA, ia bergabung dengan fakultas dari Universitas Cincinnati sebagai profesor teknik kedirgantaraan dan bekerja di sana selama 8 tahun.
  15. Neil Amstrong menikah dua kali dan dikaruniai 2 orang anak lelaki dari pernikahan pertamanya.
  16. Ia juga mempunyai anak perempuan dari pernikahan pertamanya yang meninggal karena kanker tumor saat berusia 3 tahun.
  17. Neil Amstrong menderita serangan jantung ringan pada tahun 1991 saat bermain ski dengan teman-temannya di pegunungan Aspen, Colorado.

Neil Armstrong meninggal saat berusia 82 tahun pada 25 Agustus 2012 karena penyumbatan arteri koroner, seminggu setelah menjalani operasi bypass jantung.

Membebaskan

Suka dengan artikel Membebaskan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×