18 Februari 2013

10 Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba yang Belum Anda Ketahui

Ditulis oleh pada 18.2.13
Lumba-lumba dikenal sebagai hewan laut yang pintar, lucu dan menggemaskan, namun tahukah Anda bahwa Lumba-lumba tidak pernah minum selama hidupnya? Penasaran? Berikut ini kami sajikan 10 fakta menarik tentang Lumba-lumba yang (mungkin) belum Anda ketahui.

foto sekelompok lumba-lumba


1. Lumba-lumba Mampu Mendeteksi Bom dan Ranjau

Apakah Anda tahu bahwa Angkatan Laut Amerika menggunakan Lumba-lumba untuk mendeteksi bom dan ranjau di bawah laut? Iya, ini adalah fakta, untuk keperluan tersebut, Lumba-lumba dilatih oleh tim khusus dari Angkatan Laut Amerika hingga mahir untuk mendeteksi keberadaan ranjau dan bom yang dinilai membahayakan di wilayah-wilayah laut tertentu.

lumba-lumba pendeteksi bom


2. Paus Pembunuh adalah Salah Satu Jenis Lumba-lumba

Tidak dapat dipungkiri, ikan Paus Pembunuh masih satu keluarga dengan ikan Lumba-lumba (Delphinidae). Oleh karena itu, Anda dapat mengasumsikan bahwa Paus Pembunuh sebenarnya merupakan lumba-lumba dalam ukuran besar.

ikan Paus Pembunuh


3. Lumba-lumba Membunuh Bayinya

Ini adalah fakta yang sedikit mengerikan, Lumba-lumba mempunyai sisi gelap yang mungkin tidak ingin Anda ketahui, bahwa mereka tidak segan membunuh bayinya. Untuk mamalia lain seperti singa, membunuh bayi membuat singa betina segera siap untuk kehamilan berikutnya, dan mungkin itulah yang terjadi dengan Lumba-lumba, mengerikan ya.

bayi lumba-lumba


4. Lumba-lumba Jarang sekali Tidur

Lumba-lumba dapat terus terjaga tanpa mengalami kelelahan, gangguan fisik dan juga mental selama kurang lebih 5 hari berturut-turut. Bayangkan bila manusia memaksakan diri untuk melakukan hal tersebut.

lumba-lumba spinner


5. Terdapat Lumba-lumba yang Berwarna Pink

Mungkin terdengar aneh, tapi faktanya di sungai Amazon terdapat lumba-lumba yang memiliki warna merah muda atau pink. Kabarnya, Lumba-lumba tersebut cukup sulit untuk ditemui, namun untungnya kami punya foto yang cukup jelas untuk menggambarkan Lumba-lumba pink tersebut.

Lumba-lumba yang Berwarna Pink


6. Lumba-lumba Dapat Hidup Sampai Umur 48 Tahun

Sebagian ahli biologi kelautan setuju bahwa masa hidup lumba-lumba adalah 20 tahun. Namun, ada beberapa lumba-lumba yang dapat mencapai umur 48 tahun.

lumba-lumba terdampar


7. Lumba-lumba Tidak Minum Air

Ini adalah sebuah fakta penting, Lumba-lumba tidak minum air. Ya, jika mereka minum air laut mereka akan sakit, mereka mendapatkan semua cairan yang mereka butuhkan melalui makanan yang mereka makan.

lumba-lumba di permukaan air


8. Dolphin Berasal dari Yunani

Maksudnya, istilah Dolphin (Lumba-lumba dalam bahasa Inggris) berasal dari kata Delphis dalam bahasa Yunani yang berarti rahim.

Dolphin Berasal dari Yunani


9. Lumba-lumba Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

Beberapa Lumba-lumba dapat memahami hingga 60 kata dan dapat membuat hingga 2.000 kalimat. Fakta yang mengejutkan, itulah mengapa Lumba-lumba mendapat predikat hewan yang pintar.



10. Semburan Lumba-lumba Mencapai 1770 km/jam

Lumba-lumba dapat mendorong udara keluar dari lubang sembur mereka pada kecepatan 1770 km/jam.

lubang sembur lumba-lumba

Membebaskan

Suka dengan artikel Membebaskan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×